Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih


Ketika kita mendengar daun sirih pasti ada pemikiran yang di gunakan untuk "nyirih". Sirih yang hidup di batang pohon atau menempel di tembok pagar ini juga memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh kita, zat yang berada dalam sirih ini memang yang dibutuhkan untuk tubuh kita untuk menghindari dari beberapa penyakit bahkan sejak nenek moyang sirih sering di gunakan untuk obat herbal yang di gunakan untuk mengobati berbagi macam penyakit, karena sirih juga bisa di gunakan untuk antiseptic sirih juga bisa di gunakan untuk mengobati diabetes .

Sirih juga memiliki 3 jenis yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau dengan cara membedakan adalah warna pada daun nya.

Di bawah ini adalah Manfaat Daun Sirih :


1. Mimisan

Ketika dulu saya sedang bermain dengan teman dan teman saya terjadi benturan di hidungnya maka akan mengeluarkan darah pada hidung itu yang di sebut mimisan, dan setelah itu kita akan mencari daun sirih agar mimisan itu tidak berkepanjangan dengan cara menggulungkan selembar daun sirih dan menyumpalkannya di rongga hidung.


2. Meredakan Gatal-Gatal

Ketika tubuh kita terkena alergi pada gigitan semut yang terasa gatal yang berlebihan kita bisa menggunakan daun sirih untuk meredakannya. Caranya dengan menumbuk secukupnya daun sririh hijau dan di oleskan pada bagian badan yang gatal makan akan mereda bahkan bisa hilang rasa gatalnya.


3.Sebagai Antioksidan

Daun sirih juga bisa di gunakan sebagai antioksidan dalam diri kita karena dapat melawan efek radikal bebas pada diri kita, dengan cara merebus daun sirih secukupnya dan diminum bisa anda campur dengan teh.


4. Obat Luka Bakar

Karena daun sirih ini bisa sebagai anti septik maka sirih juga bisa di gunakan untuk mengobati luka bakar, anda bisa layukan daun sirih dengan cara di panaskan lalu tempelkan pada permukaan kulit yang terkena luka bakar.


5. Mengobati Jerawat

Jerawat memang sangatlah mengganggu penampilan seseorang, untuk itu kita dapat menghilangkannya dengan menggunakan daun sirih. Caranya rebus daun sirih secukupnya tunggu hingga rebusan daun sirih itu agak dingin tetapi jangan terlalu dingin bisa jadi hangat dan basuhlah muka atau bagian kulit anda yang terdapat jerawat setelah itu biarkan beberapa menit agar anti oksidan pada sirih dapat myerap di kulit.


6. Mengatasi Keputihan

Sirih memang dari dulu dipercaya dapat mengatasi masalah keputihan pada wanita. Memang, kita bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan dengan cara rebus daun sirih secukupnya air rebusan itu sebagaian di minum dan sisanya untuk membersihkan organ kewanitaan.


7. Membersihkan Gigi dan Mulut

Kita biasanya melihat seseorang menggunakan   daun sirih untuk "nginang / nyirih" memang itu dapat bermanfaat sebagai pembersih mulut dan gigi, jika tidak suka nginang maka kita juga bisa dengan cara lain seperti merebus daun sirih dan  menggunakan rebusan daun sirih untuk berkumur-kumur.


Baca Juga artikel tentang : Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Sekian artikel tentang Manfaat Sirih semoga bermanfaat bagi anda semua!!!

1 Response to "Manfaat Daun Sirih"


  1. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R

    BalasHapus